RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester :
III/2
Waktu :
2 x 35 menit (1 x
Pertemuan)
Standar
Kompetensi :
Geometri dan Pengukuran
4.
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
Kompetensi Dasar :
4.1 Mengidentifikasi berbagai bangun datar
sederhana menurut sifat atau unsurnya
A. Indikator
:
1.
Kognitif
a.
Produk
1.
Mengidentifikasi bangun datar berdasarkan bentuknya.
2.
Mengidentifikasi bangun datar berdasarkan sifatnya.
b.
Proses
1.
Menemukan sifat-sifat bangun datar berdasarkan bentuknya.
2.
Psikomotor
a.
Mengelompokkan bangun datar berdasarkan bentuk
b.
Mengelompokkan bangun datar berdasarkan sifatnya.
3.
Afektif
a.
Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi : kerjasama, peduli, dan tanggung jawab.
b.
Mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang baik,
komunikasi dengan teman.
B. Tujuan
Pembelajaran :
1.
Kognitif
a.
Produk
1.
Siswa dapat mengidentifikasi bangun datar berdasarkan
bentuknya.
2.
Siswa dapat mengidentifikasi bangun datar berdasarkan
sifatnya.
b.
Proses
1.
Siswa dapat menemukan sifat-sifat bangun datar
berdasarkan bentuknya
2.
Psikomotor
a.
Siswa dapat mengelompokkan bangun datar berdasarkan
bentuknya.
b.
Siswa dapat mengelompokkan bangun datar berdasarkan
sifatnya.
3.
Afektif
a.
Dalam
pembelajaran diharapkan siswa mampu menunjukan karakter yang meliputi: kerjasama, peduli, dan tanggung jawab.
b.
Dalam pembelajaran diharapkan siswa mampu
mengembangkan keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang
baik, komunikasi dengan teman.
C. Materi
Pembelajaran :
§ Bangun datar
D. Metode Pembelajaran :
§ PAKEM
E. Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
·
Membaca doa dan absen
·
Apersepsi
Kegiatan Inti ( 50 menit)
·
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
·
Siswa diberikan amplop yang berisi bangun datar segitiga,
persegi, dan persegi panjang.
·
Siswa diberikan Lembar Kerja 1 kemudian diminta untuk
mengelompokkan bangun tersebut berdasarkan bentuknya.
·
Siswa mengelompokkan bangun datar secara berkelompok.
·
Guru memberikan Lembar Kerja 2 yang berisi tabel,
kemudian siswa menuliskan sifat-sifat bangun datar yang telah dikelompokkanya tersebut.
·
Siswa mengisi Lembar Kerja 2 secara berkelompok.
·
Siswa menukar Lembar Kerja kelompoknya dengan kelompok
lain untuk diperiksa.
·
Siswa diberikan Lembar Kreativitas. Pada Lembar
Kreativitas ini setiap kelompok diminta membuat kreasi dari masing-masing
bangun datar yang ada dan tidak boleh menggabung satu bangun datar dengan
bangun datar lain.
·
Setelah mempresentasikan Lembar Kreativitas, setiap siswa
diberikan sebuah kartu. Kartu tersebut ada yang berisikan gambar bangun datar
dan ada pula yang berisikan identitas dari sebuah bangun datar.
·
Siswa diperintahkan untuk
berkeliling ruangan dan mencari siswa lain yang kartunya cocok dengan yang ia
miliki.
·
Saat mencari pasangan
kartunya, siswa tidak boleh mengeluarkan suara dan hanya memperlihatkan
kartunya saja.
·
Perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil
pengelompokkan kartu pada kelompoknya.
·
Bila ada siswa yang salah masuk kelompok, maka ia akan
diberikan hukuman.
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Siswa
dibimbing guru merangkum materi yang tadi sudah dipelajari.
·
Siswa diberikan homework sebagai follow up.
F. Sumber Pembelajaran :
§ Buku siswa
§ Gambar bangun datar
§ Amplop berisi bangun
datar
§ Lembar Kerja 1
§ Lembar Kerja 2
§ Find me card
G. Alat
dan Bahan :
§ Kertas warna
§ Kertas HVS
§ Pensil
§ Penghapus
§ Lem
H. Penilaian
1.
Proses :
-
Menilai
dari kegiatan siswa ketika bekerja sama dalam kelompoknya.
-
Menilai dari kegiatan mengelompokkan bangun datar dan menuliskan
sifat-sifatnya.
-
Menilai dari kegiatan bermain “find me” .
2.
Hasil :
Menilai
hasil akhir dari tes tertulis, kinerja, dan sikap
“Find Me” Games
(Psikomotor)
Peraturan Permainan:
·
Setiap siswa diberikan sebuah kartu. Kartu tersebut ada
yang berisikan gambar bangun datar dan ada pula yang berisikan identitas dari
sebuah bangun datar.
·
Siswa diperintahkan untuk
berkeliling ruangan dan mencari siswa lain yang kartunya cocok dengan yang ia
miliki.
·
Saat mencari pasangan
kartunya, siswa tidak boleh mengeluarkan suara dan hanya memperlihatkan
kartunya saja.
·
Perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil
pengelompokkan kartu pada kelompoknya.
·
Bila ada siswa yang salah masuk kelompok, maka ia akan
diberikan hukuman.
Soal Tes Tertulis
Jawablah soal dibawah ini dengan benar!
1.
Buatlah sebuah bangun datar yang memiliki ciri-ciri
mempunyai 4 sisi yang sama panjang dan memiliki 4 titik sudut!
2.
Perhatikan bangun datar dibawah ini
![]() |
![]() |
|||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
![]() |
|||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
![]() |
||||||||||||||
Kelompokkanlah bangun datar diatas berdasarkan sifatnya!
3.
Tuliskan nama-nama bangun pada soal diatas beserta
sifat-sifatnya!
4.
Perhatikan bangun datar dibawah ini
![]() |
|||
![]() |
|||
Apa nama kedua bangun diatas?
Apa perbedaan dan persamaan dari kedua bangun diatas?
5.
Aku memiliki tiga titik sudut. Aku juga memiliki 3 sisi
dan ketiga sisiku sama panjang. Bangun apakah aku? Buat gambarku juga ya..
1 komentar:
Ass.wr.wb
Rpp ini pake buku siswa gak, sebagai pegangan siswa saat pembelajaran. kalau memakai buku guru karangannya siapa yaa? makasih
Post a Comment