RSS

RPP Matematika Kelas III (Bangun Datar)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/Semester                     : III/2
Waktu                                     : 2 x 35 menit (1 x Pertemuan)

Standar Kompetensi        :
 Geometri dan Pengukuran
4.  Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana

Kompetensi Dasar          :
4.1   Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya

A. Indikator                    :
1.      Kognitif            
a.       Produk
1.      Mengidentifikasi bangun datar berdasarkan bentuknya.
2.      Mengidentifikasi bangun datar berdasarkan sifatnya.
b.      Proses
1.      Menemukan sifat-sifat bangun datar berdasarkan bentuknya.

2.      Psikomotor
a.    Mengelompokkan bangun datar berdasarkan bentuk
b.    Mengelompokkan bangun datar berdasarkan sifatnya.

3.      Afektif
a.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi : kerjasama, peduli, dan tanggung jawab.
b.    Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang baik, komunikasi dengan teman.


B. Tujuan Pembelajaran :
1.      Kognitif
a.       Produk
1.      Siswa dapat mengidentifikasi bangun datar berdasarkan bentuknya.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi bangun datar berdasarkan sifatnya.
b.      Proses
1.      Siswa dapat menemukan sifat-sifat bangun datar berdasarkan bentuknya

2.      Psikomotor
a.       Siswa dapat mengelompokkan bangun datar berdasarkan bentuknya.
b.      Siswa dapat mengelompokkan bangun datar berdasarkan sifatnya.

3.      Afektif
a.       Dalam pembelajaran diharapkan siswa mampu menunjukan karakter yang meliputi: kerjasama, peduli, dan tanggung jawab.
b.      Dalam  pembelajaran diharapkan siswa mampu mengembangkan keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang baik, komunikasi dengan teman.

C.    Materi Pembelajaran :
§  Bangun datar

D.   Metode Pembelajaran         :
§  PAKEM

E.    Kegiatan Pembelajaran 

Pendahuluan (10 menit)
·         Membaca doa dan absen
·         Apersepsi

Kegiatan Inti ( 50 menit)
·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
·         Siswa diberikan amplop yang berisi bangun datar segitiga, persegi, dan persegi panjang.
·         Siswa diberikan Lembar Kerja 1 kemudian diminta untuk mengelompokkan bangun tersebut berdasarkan bentuknya.
·         Siswa mengelompokkan bangun datar secara berkelompok.
·         Guru memberikan Lembar Kerja 2 yang berisi tabel, kemudian siswa menuliskan sifat-sifat bangun datar yang telah dikelompokkanya tersebut.
·         Siswa mengisi Lembar Kerja 2 secara berkelompok.
·         Siswa menukar Lembar Kerja kelompoknya dengan kelompok lain untuk diperiksa.
·         Siswa diberikan Lembar Kreativitas. Pada Lembar Kreativitas ini setiap kelompok diminta membuat kreasi dari masing-masing bangun datar yang ada dan tidak boleh menggabung satu bangun datar dengan bangun datar lain.
·         Setelah mempresentasikan Lembar Kreativitas, setiap siswa diberikan sebuah kartu. Kartu tersebut ada yang berisikan gambar bangun datar dan ada pula yang berisikan identitas dari sebuah bangun datar.
·         Siswa diperintahkan untuk berkeliling ruangan dan mencari siswa lain yang kartunya cocok dengan yang ia miliki.
·         Saat mencari pasangan kartunya, siswa tidak boleh mengeluarkan suara dan hanya memperlihatkan kartunya saja.
·         Perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil pengelompokkan kartu pada kelompoknya.
·         Bila ada siswa yang salah masuk kelompok, maka ia akan diberikan hukuman.

Kegiatan Akhir (10 menit)
·         Siswa dibimbing guru merangkum materi yang tadi sudah dipelajari.
·         Siswa diberikan homework sebagai follow up.

F.    Sumber  Pembelajaran :
§                      Buku siswa
§                       Gambar bangun datar
§                      Amplop berisi bangun datar
§                      Lembar Kerja 1
§                      Lembar Kerja 2
§                    Find me card

G.   Alat dan Bahan          :
§                  Kertas warna
§                  Kertas HVS
§                 Pensil
§               Penghapus 
§                Lem

H.   Penilaian
         1.         Proses            :
-          Menilai dari kegiatan siswa ketika bekerja sama dalam kelompoknya.
-          Menilai dari kegiatan mengelompokkan bangun datar dan menuliskan sifat-sifatnya.
-          Menilai dari kegiatan bermain “find me” .
         2.         Hasil    :
Menilai hasil akhir dari tes tertulis, kinerja, dan sikap





Find Me” Games
(Psikomotor)

Peraturan Permainan:
·         Setiap siswa diberikan sebuah kartu. Kartu tersebut ada yang berisikan gambar bangun datar dan ada pula yang berisikan identitas dari sebuah bangun datar.
·         Siswa diperintahkan untuk berkeliling ruangan dan mencari siswa lain yang kartunya cocok dengan yang ia miliki.
·         Saat mencari pasangan kartunya, siswa tidak boleh mengeluarkan suara dan hanya memperlihatkan kartunya saja.
·         Perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil pengelompokkan kartu pada kelompoknya.
·         Bila ada siswa yang salah masuk kelompok, maka ia akan diberikan hukuman.




Soal Tes Tertulis

Jawablah soal dibawah ini dengan benar!

1.         Buatlah sebuah bangun datar yang memiliki ciri-ciri mempunyai 4 sisi yang sama panjang dan memiliki 4 titik sudut!
2.         Perhatikan bangun datar dibawah ini









Kelompokkanlah bangun datar diatas berdasarkan sifatnya!

3.         Tuliskan nama-nama bangun pada soal diatas beserta sifat-sifatnya!
4.         Perhatikan bangun datar dibawah ini






Apa nama kedua bangun diatas?
Apa perbedaan dan persamaan dari kedua bangun diatas?

5.         Aku memiliki tiga titik sudut. Aku juga memiliki 3 sisi dan ketiga sisiku sama panjang. Bangun apakah aku? Buat gambarku juga ya..






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown said...

Ass.wr.wb
Rpp ini pake buku siswa gak, sebagai pegangan siswa saat pembelajaran. kalau memakai buku guru karangannya siapa yaa? makasih

Post a Comment