RSS

Tips-Tips Dalam Menyelesaikan Skripsi

Skripsi, ya, satu kata yang bisa membuat orang galau seketika. Semua orang tahu penyusunan skripsi adalah satu tahapan final yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa yang menempuh jalur S1. Skripsi adalah syarat utama untuk kelulusan seorang  mahasiswa. Skripsi itu memang proses terberat dalam masa perkuliahan. Akan tetapi, proses terberat ini bisa dibuat menjadi lebih ringan dengan cara-cara tertentu. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menyelesaikan skripsi dalam waktu yang singkat, begitu pula saya. Ada beberapa tips & trik yang saya lakukan selama menyusun dan menyelesaikan skripsi.


1.       PILIH JUDUL YANG MUDAH DITELITI
Memiliki judul skripsi yang bagus dan sangat berbobot memang suatu kebanggan tersendiri bagi yang menulisnya. Tapi jangan pernah berpikir judul skripsi yang berbobot itu mudah untuk diteliti. Pilihlah judul yang memang mudah untuk diteliti, dengan begitu mempermudah penyusunan skripsimu.
Judul yang lebih umum ini kemungkinan besar tidak akan mengundang dosen yang kritis untuk menguji kamu saat sidang nantinya.

2.       PILIH JUDUL DENGAN REFERENSI YANG MUDAH UNTUK DIDAPATKAN
Tidak usah sok sok bergaya pilih judul yang aneh-aneh dan tidak umum, karena judul yang aneh-aneh biasanya referensinya pun lebih sulit untuk didapatkan.

3.       SEBISA MUNGKIN CARI BUKU E-BOOK UNTUK REFERENSI DALAM BAHASA ASING
E-Book diperbolehkan untuk referensi skripsi. Carilah sumber2 E-Book yang gratis untuk referensi buku asing karena buku asing harganya mahal disini, sekalipun itu di tempat buku2 bekas/bajakan.

4.       SEGERA CARI BUKU REFERENSI
Saat judul sudah di ACC, segera cari buku-buku yang bisa jadi referensi. Tidak perlu beli, datang saja ke perpus-perpus yang ada di daerahmu atau di perpus kampus-kampus.
Saat fotokopi buku referensi, jangan lupa fotokopi juga cover buku, lembar yang isinya identitas buku, dan daftar isi buku tersebut.

5.       BUAT DEADLINE DAN TEPATI!
Buatlah deadline kapan kamu harus menemui pembimbing untuk mendiskusikan skripsimu!

6.       MULAI KERJAKAN SKRIPSI SEKARANG!
Tidak ada kata ‘ntar’ untuk mengerjakan skripsi. Sedang mood atau tidak, skripsimu harus tetap dikerjakan. Semakin ditunda maka kamu pun akan semakin menunda waktu wisudamu!

7.       BUAT DRAFT/KERANGKA HAL-HAL YANG AKAN KAMU TULIS DI SKRIPSI
Pembuatan draft ini sangat penting, karena dengan membuat draft berarti kamu sudah punya pegangan hal-hal apa saja yang akan kamu tulis didalamnya.

8.       DATANGLAH KE PEMBIMBING DENGAN RUTIN
Pembimbing amat menyukai mahasiswa yang selalu menepati jadwal untuk menyerahkan tiap BAB padanya dan IKUTI kata-kata pembimbingmu. Jangan lupa untuk bersikap sopan pada pembimbingmu. Jika kamu bimbingan diluar kampus, tidak ada salahnya kamu membawa buah tangan untuk pembimbingmu. Ada loh pembimbing yang jadi super baik saat dibawain buah tangan sama mahasiswanya.

9.       KEJARLAH PEMBIMBING DIMANAPUN IA BERADA
Malas mengejar pembimbing untuk bimbingan adalah alamat tertundanya skripsi kamu. So, dimanapun pembimbingmu, KEJARLAH!

10.   BUAT DAFTAR PERTANYAAN UNTUK PEMBIMBING
Kalau ada yang tidak kamu mengerti saat menyusun skripsimu, langsung buat daftar pertanyaannya. Dengan buat daftar pertanyaan, kamu tidak akan lupa apa yang ingin kamu tanyakan saat bimbingan.

11.   TINGGALKAN MAIN!
Tinggalkan segala aktivitas main selama kamu menyusun skripsi. Main akan membuat kamu malas untuk memulai lagi mengerjakan skripsimu.

12.   JAUHKAN HANDPHONE !
Handphone bisa menghambat pengerjaan skripsimu. Apalagi kamu yang handphonenya berjenis ‘smart phone’. Jauhkanlah handphone supaya kamu bisa konsentrasi dalam mengerjakan skripsimu.

13.   JANGAN PASANG MODEM DI KOMPUTER/LAPTOPMU
Tidak terhubung dengan internet berarti membantu dirimu untuk terus berkonsentrasi dengan skripsimu. Jika laptopmu terhubung dengan internet, maka sulit sekali tahan godaan untuk browsing ini itu yang tidak ada hubungannya dengan skripsi.

14.   TAHAN GODAAN UNTUK MEMBUKA JEJARING SOSIAL
Saat terhubung dengan internet untuk mencari data, tahanlah godaan untuk membuka twitter, facebook, ym, dan segala macam jejaring sosial. Sekali kamu membuka jejaring sosial, maka buyarlah semua konsentrasi di otakmu. Kamu pun akan jadi malas untuk mulai mengerjakan skripsimu lagi.

15.   BANYAK-BANYAK BERDOA
Banyaklah berdoa dan minta supaya kamu diberi kemudahan dalam menyusun skripsimu supaya kamu bisa lulus tepat waktu

Kira-kira itu beberapa tips dari saya untuk menyusun dan menyelesaikan skripsi. Mudah-mudahan ada yang bisa diterapkan :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment