RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn)
Kelas
/ Semester : V / II
Alokasi Waktu : 30 menit
I.
Standar
Kompetensi :
4. Menghargai keputusan bersama
II.
Kompetensi
Dasar :
4.2.
Mematuhi keputusan bersama
III.
Indikator
(Indikator Kognitif)
1. Mengenalkan
bentuk-bentuk keputusan bersama.
(Indikator Kinerja)
2. Melakukan
permainan role playing sebagai bentuk
patuh pada keputusan bersama.
(Indikator Afektif)
3. Menyatakan
sikap kerja sama yang baik.
4. Menyatakan
sikap mematuhi peraturan yang telah dibuat
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat menguasai materi keputusan bersama dengan baik melalui pendekatan
permainan teka-teki silang (TTS).
2. Melalui
pendekatan role playing, siswa mampu
menyatakan sikap mematuhi peraturan dengan baik.
3. Melalui
pendekatan role playing, siswa mampu
menampilkan sikap kerja sama dengan baik
4. Siswa
dapat mengidentifikasi bentuk-bentuk keputusan bersama dengan baik melalui
penentuan peraturan permainan.
V.
Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
keputusan bersama:
Keputusan
adalah pilihan yang diambil oleh seseorang untuk dilaksanakan dari berbagai
macam pilihan yang tersedia. Jadi, keputusan bersama adalah
2. Bentuk-bentuk
keputusan bersama:
-
Musyawarah mufakat : adalah pembahasan bersama dengan maksud mengambil
keputusan atas suatu masalah
-
Pemungutan
suara/voting : adalah pemungutan suara. pemungutan dilakukan setelah cara
musyawarah untuk mufakat gagal menghasilkan keputusan.
-
Aklamasi : adalah
pernyataan setuju secara lisan dari seluruh anggota kelompok.
3. Nilai
dasar dalam melakukan musyawarah antara lain:
a. kebersamaan
b. persamaan
hak
c. kebebasan
mengemukakan pendapat
d. penghargaan
terhadap orang lain
e. pelaksanaan
hasil keputusan secara tanggung jawab
VI.
Kegiatan
Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal
§ Apersepsi
§ Guru
melakukan tanya jawab untuk mengingatkan siswa pada materi yang telah
disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
B. Kegiatan
Inti
§ Guru
memberitahu siswa bahwa hari ini siswa akan belajar melalui permainan teka teki
silang (TTS).
§ Setelah
memberitahu tentang permainan TTS, guru meminta siswa untuk membagi menjadi dua
kelompok.
§ Guru
mengajak siswa untuk membuat peraturan permainan TTS.
§ Siswa
secara bersama-sama membuat peraturan permainan TTS.
§ Siswa
menggunakan koin untuk menentukan kelompok mana yang memulai permainan terlebih
dahulu.
§ Siswa
bermain TTS.
§ Kelompok
yang memenangkan permainan ini mendapatkan award
dan kelompok yang kalah mendapatkan hukuman sesuai dengan peraturan yang telah
disepakati.
C. Kegiatan
Penutup
§ Siswa
dan guru secara bersama-samamengulas kembali kegiatan yang telah dilakukan.
§ Siswa
menerima pekerjaan rumah sebagai follow
up.
VII.
Media,
Metode, dan Sumber Belajar
A. Media : Karton teka teki silang,
spidol
B. Metode :
Role playing
C. Sumber
Belajar :
Bkg for
education, Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V, Erlangga: Jakarta
2006
Fajar
Rahayuningsih, Pendidikan Kewarganegaraan SD Kelas V, Pusat Perbukuan
Depatemen Pendidikan Nasional: Jakarta 2008
Rini Ningsih, Pendidikan
Kewarganegaraan Kelas 5 SD, Yudhistira: Bogor 2006.
VIII.
Penilaian
A. Proses :
-
Menilai dari kegiatan
membuat peraturan secara bersama-sama dan tanggung jawab saat melaksanakannya.
-
Menilai dari kegiatan
siswa ketika menjawab soal teka-teki.
B. Hasil :
-
Menilai hasil akhir
dari tes tertulis, kinerja, dan sikap
Homework
sebagai Follow Up :
Buatlah sebuah karangan yang bercerita tentang pengambilan
keputusan bersama dalam kehidupan sehari-hari.
Karangan minimal ditulis dalam 1 lembar folio bergaris.
Jakarta, Januari 2010
Penyusun 1 Penyusun
2 Penyusun
3
Arifah Dalili S Dewi
Andanari Rohimah
Soal
Tes Akhir
A.
Berilah
tanda silang (x) pada huruf a, b, c, dan d yang kamu anggap paling tepat pada
lembar jawaban yang tersedia!
1. Sebelum
mengambil sebuah keputusan, sebaiknya kita perlu…
a. mendapat
pengaruh dari teman.
b. mempertimbangkan
akibat keputusan kita.
c. mendengarkan
nasehat orang tua.
d. mendengarkan
saran dari guru.
2. Pengambilan
keputusan dengan menghitung suara terbanyak adalah hasil dari…
a. musyawarah.
b. mufakat.
c. pungutan
suara.
d. pertandingan
suara.
3. Musyawarah
telah mencapai mufakat apabila…
a. ketua
kelompok telah menyatakan pendapatnya.
b. ketua
kelompok telah menyatakan persetujuannya.
c. sebagian
besar anggota kelompok telah menyatakan pendapat yang sama.
d. semua
anggota kelompok telah sepakat dengan keputusan yang dianggap paling baik.
4. Keuntungan
cara pemungutan suara untuk menentukan keputusan bersama antara lain…
a. bisa
dilakukan dengan cara curang.
b. bisa
menyelesaikan persoalan yang tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk
mufakat.
c. suara
yang menang bisa memaksakan kehendak kepada kepada yang suaranya kalah.
d. yang
menang bisa mengejek yang kalah.
5. Pengambilan keputusan untuk kepentingan
bersama tidak berkaiyan dengam…
a. sikap
b. perilaku
c. tindakan
d. kemampuan
6. keputusan
bersama harus ditaati karena di buat untuk. . .
a. kepentingan
pribadi
b. kepentingan
bersama
c. kepentingan
kelompok
d. kepentingan
pemerintah
7. Ada
dua jenis keputusan, yaitu . . .
a. keputusan
pusat dan kepentingan daerah
b. keputusan
guru dan keputusan siswa
c. keputusan
sendiri dan keputusan bersama
d. keputusan
guru dan keputusan orang tua
8. Pendapat
orang lain harus didengarkan dan di. . .
a. dibiarkan
b. dipertimbangkan
c. dipermasalahkan
d. diperhitungkan
9. Bila
pendapat kita tidak diterima, maka sikap peserta musyawarah sebaiknya. . .
a. marah-marah
b. memaksakan
kehendak
c. tidak
melanjutkan rapat
d. menahan
diri dan berusaha mencari pendapat lain yang bisa di terima
10. Berikut
adalah contoh sikap menghargai hasil keputusan bersama, kecuali. . .
a. melaksanakan
tugas piket kelas
b. datang
tepat waktu saat belajar kelompok
c. tidak
bermain pada saat harus belajar
d. tidak
mau dihukum ketika melanggar aturan
B.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!.
1. Apa
yang dimaksud dengan musyawarah untuk mencapai mufakat?
2. Tuliskan
tiga nilai dasar dalam musyawarah!
3. Sebutkan
tiga asas bermusyawarah!
4. Apa
yang dimaksud dengan musyawarah untuk mufakat, voting, dan aklamasi?
5. Tuliskan
beberapa akibat jika keputusan bersama tidak dilaksanakan?
Role Playing
“Teka Teki Silang”
Tujuan :
“
Memahami materi keputusan bersama melalui kegiatan menyenangkan (permainan TTS)
Prosedur :
-
Siswa dibagi menjadi 2
kelompok.
-
Guru menempelkan
karton TTS di papan tulis.
-
Siswa telah
menyepakati peraturan yang dibuat dalam permainan.
-
Pemain pertama
dilakukan melalui undian koin.
-
Kelompok yang bisa
menjawab diperbolehkan untuk memilih soal kembali, begitu seterusnya hingga
soal permainan berakhir.
-
Pemengan dilihat dari
jumlah skor yang didapatkan dalam permainan.
-
Kelompok pemenang
mendapat award dan bagi kelompok yang kalah mendapatkan hukuman.
Target :
-
Siswa memahami materi
yang telah disajikan.
-
Melatih kerjasama
dalam kelompok.
-
Melatih tanggung jawab
siswa dalam mematuhi peraturan yang telah dibuatnya.
TEKA-TEKI SILANG
(Keputusan Bersama)
1. k
|
e
|
k
|
e
|
l
|
u
|
a
|
r
|
g
|
a
|
a
|
n
|
||||||||||||
2.p
|
e
|
n
|
t
|
a
|
s
|
d
|
r
|
a
|
m
|
a
|
|||||||||||||
p
|
|||||||||||||||||||||||
3.k
|
e
|
p
|
u
|
t
|
u
|
s
|
a
|
n
|
|||||||||||||||
u
|
n
|
||||||||||||||||||||||
4.n
|
o
|
t
|
u
|
l
|
i
|
s
|
|||||||||||||||||
r
|
i
|
6.o
|
|||||||||||||||||||||
u
|
n
|
r
|
|||||||||||||||||||||
2.e
|
m
|
g
|
7.a
|
g
|
|||||||||||||||||||
5.m
|
u
|
f
|
a
|
k
|
a
|
t
|
4.v
|
5.m
|
a
|
||||||||||||||
p
|
n
|
l
|
6.n
|
o
|
t
|
u
|
l
|
e
|
n
|
||||||||||||||
a
|
b
|
a
|
t
|
s
|
i
|
||||||||||||||||||
t
|
7.m
|
e
|
m
|
a
|
t
|
u
|
h
|
i
|
n
|
y
|
a
|
s
|
|||||||||||
r
|
a
|
n
|
a
|
a
|
|||||||||||||||||||
s
|
s
|
g
|
w
|
s
|
|||||||||||||||||||
a
|
i
|
a
|
i
|
||||||||||||||||||||
m
|
r
|
||||||||||||||||||||||
a
|
8.t
|
a
|
n
|
g
|
g
|
u
|
n
|
g
|
j
|
a
|
w
|
a
|
b
|
||||||||||
h
|
|||||||||||||||||||||||
Mendatar :
1. Asas
yang harus dijunjung tinggi dalam melaksanakan keputusan bersama adalah…
2. Siswa
kelas VA akan menyumbangkan acara untuk pentas seni di sekolah. Mereka membuat
pemungutan suara dengan hasil:
-
Pentas drama = 10 anak
-
Menyanyi = 7 anak
-
Main alat musik = 9
anak
-
Baca puisi = 5 anak
Berdasarkan
hasil tersebut, keputusan yang harus diambil adalah…
3. Pilihan
yang dipilih unyuk dilaksanakan dari beberapa pilihan oleh seseorang disebut…
4. Seseorang
yang bertugas mencatat jalannua rapat dalam musyawarah adalah…
5. Kesepakan
untuk melaksanakan hasil musyawarah adalah…
6. Catatan
singkat mengenai jalannya rapat serta hal yang dibicarakan dan diputuskan /
sebuah ringkasan mengenai hal yang terjadi dalam rapat adalah…
7. Sikap
kita terhadap keputusan bersama yang telah diambil adalah…
8. Keputusan
yang telah ditetapkan harus dilaksanakan dengan penuh…
Menurun :
1. Keputusan
bersama harus ditaati karena dibuat untuk…
2. Menghargai
keputusan bersama merupakan pencerminan dari sila ke…
3. Jumlah
peserta paling sedikit yang harus hadir agar voting dapat dilaksakan dan
keputusannya dianggap sah disebut…
4. Jika
dalam musyawarah tidak mencapai mufakat, maka cara lain dalam mengambil
keputusan bersama adalah…
5. Salah
satu bentuk keputusan
6. Kelompok
manusia yang diatur untuk bekerja sama guna mencapai tujuan yang sama adalah…
7. Pernyataan
setuju secara lisan tanpa melalui pemungutan suara adalah…
2 komentar:
nb
bagus, ijin copy yah
Post a Comment