RSS

RPP IPS Kelas IV (Perkembangan Kegiatan Ekonomi)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            : IPS
Kelas/Semester           : IV/II
Waktu                         : 2 x 35 menit (1 x Pertemuan)

Standar Kompetensi    : 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan, ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.  

Kompetensi Dasar    : 2.1. Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan potensi sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.

A. Indikator               :
1.      Kognitif     
a.       Produk
-       Mengenal perkembangan kegiatan ekonomi.
-       Mengenal jenis-jenis kebutuhan hidup manusia.
b.      Proses
-       Mendeskripsikan perkembangan kegiatan ekonomi.
-       Membedakan jenis-jenis kebutuhan hidup manusia.
 
2.      Psikomotor
-       Melakukan permainan “Stick Me”.

3.      Afektif
-       Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi : jujur, peduli, dan tanggung jawab.
-       Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang baik, dan komunikasi.



B.  Tujuan Pembelajaran :
1.      Kognitif
a.       Produk
-       Siswa dapat mengenal perkembangan kegiatan ekonomi dengan tepat melalui kegiatan penampilan gambar dan diskusi kelompok.
-       Siswa dapat mengenal jenis-jenis kebutuhan hidup manusia dengan tepat melalui permainan “Stick Me”.
b.      Proses
-       Siswa dapat mendeskripsikan perkembangan kegiatan ekonomi dengan benar melalui diskusi kelompok.
-       Siswa dapat membedakan jenis-jenis kebutuhan hidup manusia dengan benar melalui kegiatan tanya jawab dan permainan “Stick Me”.

                  2.          Psikomotor
-       Siswa melakukan permainan “Stick Me” dengan benar untuk mengelompokkan kartu jenis kebutuhan hidup.

3.      Afektif
-       Dalam pembelajaran diharapkan siswa mampu menunjukan karakter yang meliputi : jujur, peduli dan tanggung jawab.
-       Dalam  pembelajaran diharapkan siswa mampu mengembangkan keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang baik, dan komunikasi.

C.    Materi Pembelajaran      :
§  Kegiatan ekonomi, meliputi:
-       Perkembangan kegiatan ekonomi (mulai dari barter hingga menggunakan uang).
-       Jenis kebutuhan manusia (kebutuhan primer, sekunder, tersier).

D.    Metode Pembelajaran     :
§  Examples non examples
§  Games and games
§  Diskusi
§  Tanya jawab

E.     Kegiatan Pembelajaran 
Pendahuluan (10 menit)
Kegiatan Awal


1.      Guru menyiapkan kelas.
2.      Guru menyebutkan tujuan pelajaran.
3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang kegiatan jual beli yang terjadi di sekitar sekolah.


Kegiatan Inti (60  menit)
Kegiatan Inti


1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Cara pembagian kelompok:
-       Siswa diminta berhitung 1-4.
-       Setiap siswa telah menyebutkan angka 4, maka siswa selanjutnya mengulang mulai dari angka 1 lagi.
-       Berhitung terus dilakukan sampai seluruh siswa menyebutkan angka.
-       Siswa yang menyebutkan angka 1 diminta untuk berkumpul dengan temannya yang juga menyebutkan angka 1. Begitu juga dengan yang menyebutkan angka 2, 3, dan 4.
2.      Siswa mulai diberikan konsep mengenai perkembangan kegiatan ekonomi. Pertama-tama siswa diperlihatkan gambar tentang dua orang yang melakukan kegiatan barter.
3.      Guru menjelaskan sedikit mengenai gambar tersebut, kemudian guru menempelkan gambar tersebut di papan tulis.
4.      Siswa diperlihatkan gambar orang yang melakukan kegiatan jual beli dengan menggunakan uang.
5.      Guru juga menjelaskan sedikit mengenai gambar tersebut, kemudian menempelkannya di papan tulis.
6.      Guru memancing siswa dengan memberikan pertanyaan:
-       Jika dilihat dari gambar, apa yang berbeda dari kedua gambar tersebut?
-       Menurutmu kegiatan jual beli manakah yang lebih mudah dilakukan?
-       Kalau kamu membeli makanan, uang seperti apa yang kamu gunakan?
-       Menurut pendapatmu, apakah uang kertas sudah ada sejak zaman dahulu?
-       Apa yang akan terjadi apabila sampai sekarang masih dilakukan sistem barter?
7.      Setelah melakukan tanya jawab dengan siswa, guru memberikan LKS yang berisikan tentang gambar proses perkembangan kegiatan ekonomi yang belum berurutan.
8.      Siswa bersama dengan teman kelompoknya diminta untuk menuliskan urutan perkembangan kegiatan ekonomi dengan menggunakan kalimat yang mereka susun sendiri.
9.      Setelah selesai, perwakilan setiap kelompok diminta untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
10.   Saat perwakilan kelompok maju, siswa anggota kelompok lain diminta untuk mengemukakan pendapatnya.
11.  Setelah kegiatan selesai, guru kembali melakukan tanya jawab dengan siswa. Tanya jawab yang dilakukan mengenai kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Beberapa contoh pertanyaan:
-       Apakah tubuhmu membutuhkan makanan?
-       Menurutmu apakah kamu membutuhkan pakaian?
-       Dimana kamu menulis catatanmu? Apa yang kamu gunakan untuk menulis?
-       Menurutmu apakah mobil dan motor termasuk barang mewah? Apalagi yang termasuk barang-barang mewah?
12.  Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai kebutuhan primer, sekunder, dan tersier saat tanya jawab berlangsung.
13.  Setelah tanya jawab selesai, setiap kelompok diberikan amplop yang didalamnya berisikan kartu kebutuhan hidup (kebutuhan primer, sekunder, dan tersier).
14.  Guru menjelaskan peraturan permainan “Stick Me
Peraturannya:
-       Guru membacakan soal yang menjadi clue.
-       Siswa harus menempelkan kartu kebutuhan hidup yang telah disediakan di dalam amplop ke tabel yang tertempel di papan tulis apabila ia telah mengetahui jawabannya.
-       Kelompok yang telah mengetahui jawabannya harus mengacungkan tangan terlebih dahulu.
-       Kelompok yang dapat menjawab dengan benar akan mendapatkan poin.
-       Kelompok yang mendapatkan poin terbanyak menjadi pemenangnya.
15.  Siswa melakukan permainan “Stick Me”.
16.  Saat permainan selesai, guru memberikan award pada kelompok yang telah memenangkan permainan.
17.  Siswa dibantu guru untuk menyimpulkan  permainan yang telah dilakukan.
18.  Siswa secara individual menuliskan kesimpulan permainan  yang telah mereka lakukan di buku tulis mereka, kemudian dikumpulkan pada guru.


Kegiatan Akhir (10 menit)
Kegiatan Akhir


1.      Siswa bersama guru mereview kembali materi yang sudah dipelajari.
2.      Siswa dibimbing guru merangkum materi yang sudah dipelajari.
3.      Siswa diberi tindak lanjut berupa PR untuk dikerjakan dirumah.  


F.     Alat dan Bahan
·         Buku Sumber              :
Tantya Hisnu, P dan Winardi, Ilmu Pengetahuan Sosial 4, Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,  2008

·         Alat dan Bahan           :
-       Gambar perkembangan kegiatan ekonomi
-       Karton yang berisikan tabel jenis kebutuhan hidup manusia.
-       Kartu jenis kebutuhan hidup manusia.

G.    Sumber  Pembelajaran
              1.         Silabus
              2.         Buku Siswa   : Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam
              3.         LKS 1           : Perkembangan Kegiatan Ekonomi
              4.         LKS 2           : Kebutuhan Hidup Manusia Berdasarkan Jenisnya
              5.         LKS 3           : Pengaruh Kondisi Alam Terhadap Kegiatan Ekonomi

H.    Penilaian
             1.          Penilaian Kognitif

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan benar!
                                 1.         Jelaskan bagaimana perkembangan kegiatan ekonomi mulai dari barter hingga sekarang!
                                 2.         Jelaskan apa yang dimaksud dengan kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier!
                                 3.         Tuliskan contoh barang-barang kebutuhan sekunder!
                                 4.         Jelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi!
                                 5.         Tuliskan pekerjaan orang-orang yang hidup di dataran tinggi!




             2.          Penilaian Afektif


Nama Siswa     :                                                           Hari/Tanggal      :
Kelas                :
 
 




Petunjuk :
Untuk setiap sikap siswa berikut ini, beri penilaian atas sikap siswa menggunakan skala berikut ini :
A       : Sangat baik
B       : Memuaskan
C       : Menunjukan kemajuan
D       : Memerlukan perbaikan

FORMAT PENGAMATAN AFEKTIF SISWA

No
Instrumen yang Dinilai
A
B
C
D
1.
Kerjasama




2.
Peduli




3.
Tanggung Jawab




4.
Mau mendengarkan pendapat teman




5.
Bertanya




6.
Menjadi pendengar yang baik




7.
Berkomunikasi dengan baik pada teman





Jakarta,  ................ 2011
Guru Kelas


_____________________
             3.          Penilaian Psikomotor


Nama Siswa     :                                                           Hari/Tanggal      :
Kelas                :
 
 




Petunjuk:
Penentuan skor psikomotor siswa mengacu pada format penilaian proses dibawah ini

Format Penilaian Proses
No
Rincian Tugas
Skor
4
3
2
1
1
Mendiskusikan gambar perkembangan kegiatan ekonomi.




2
Menempelkan kartu jenis kebutuhan hidup dengan benar.




3
Mengikuti aturan permainan “Stick Me” dengan baik.




4
Melengkapi mind map tentang pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi dengan benar.




5
Maju ke depan kelas untuk membacakan hasil diskusi.





Keterangan :
4        : Dilakukan dengan sangat baik
3        : Dilakukan dengan baik
2        : Kurang Baik
1        : Buruk
Jakarta,  ................2012
Guru Kelas

____________________

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment