RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
: IPS
Kelas/Semester : IV/II
Waktu : 2 x 35 menit (1 x Pertemuan)
Standar
Kompetensi : 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan, ekonomi, dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
Kompetensi
Dasar : 2.1. Mengenal aktivitas
ekonomi yang berkaitan dengan potensi sumber daya alam dan potensi lain di
daerahnya.
A. Indikator :
1. Kognitif
a. Produk
- Mengenal perkembangan kegiatan ekonomi.
- Mengenal
jenis-jenis kebutuhan hidup manusia.
b. Proses
- Mendeskripsikan
perkembangan kegiatan ekonomi.
- Membedakan
jenis-jenis kebutuhan hidup manusia.
2. Psikomotor
- Melakukan permainan
“Stick Me”.
3. Afektif
- Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi : jujur, peduli, dan tanggung jawab.
- Mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang baik, dan komunikasi.
B. Tujuan
Pembelajaran :
1. Kognitif
a. Produk
- Siswa dapat mengenal perkembangan kegiatan ekonomi dengan tepat melalui
kegiatan penampilan gambar dan diskusi kelompok.
- Siswa dapat
mengenal jenis-jenis kebutuhan hidup manusia dengan tepat melalui permainan “Stick Me”.
b. Proses
- Siswa dapat
mendeskripsikan perkembangan kegiatan ekonomi dengan benar melalui diskusi kelompok.
- Siswa dapat
membedakan jenis-jenis kebutuhan hidup manusia dengan benar melalui kegiatan
tanya jawab dan permainan “Stick Me”.
2.
Psikomotor
- Siswa melakukan
permainan “Stick Me” dengan benar
untuk mengelompokkan kartu jenis kebutuhan hidup.
3. Afektif
- Dalam
pembelajaran diharapkan siswa mampu menunjukan karakter yang meliputi : jujur,
peduli dan tanggung jawab.
- Dalam pembelajaran diharapkan siswa mampu
mengembangkan keterampilan sosial, meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang
baik, dan komunikasi.
C.
Materi
Pembelajaran :
§ Kegiatan ekonomi,
meliputi:
- Perkembangan
kegiatan ekonomi (mulai dari barter hingga menggunakan uang).
- Jenis kebutuhan
manusia (kebutuhan primer, sekunder, tersier).
D.
Metode Pembelajaran :
§ Examples non
examples
§ Games and games
§ Diskusi
§ Tanya jawab
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
(10 menit)
Kegiatan
Awal
|
|
1. Guru menyiapkan kelas.
2. Guru menyebutkan
tujuan pelajaran.
3. Siswa dan guru
melakukan tanya jawab tentang kegiatan jual beli yang terjadi di sekitar
sekolah.
|
Kegiatan
Inti (60 menit)
Kegiatan
Inti
|
|
1.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Cara pembagian kelompok:
-
Siswa diminta berhitung 1-4.
-
Setiap siswa telah menyebutkan angka 4, maka siswa
selanjutnya mengulang mulai dari angka 1 lagi.
-
Berhitung terus dilakukan sampai seluruh siswa
menyebutkan angka.
-
Siswa yang menyebutkan angka 1 diminta untuk berkumpul
dengan temannya yang juga menyebutkan angka 1. Begitu juga dengan yang
menyebutkan angka 2, 3, dan 4.
2.
Siswa mulai diberikan konsep mengenai perkembangan
kegiatan ekonomi. Pertama-tama siswa diperlihatkan gambar tentang dua orang
yang melakukan kegiatan barter.
3.
Guru menjelaskan sedikit mengenai gambar tersebut,
kemudian guru menempelkan gambar tersebut di papan tulis.
4.
Siswa diperlihatkan gambar orang yang melakukan
kegiatan jual beli dengan menggunakan uang.
5.
Guru juga menjelaskan sedikit mengenai gambar tersebut,
kemudian menempelkannya di papan tulis.
6.
Guru memancing siswa dengan memberikan pertanyaan:
-
Jika dilihat dari gambar, apa yang berbeda dari kedua
gambar tersebut?
-
Menurutmu kegiatan jual beli manakah yang lebih mudah
dilakukan?
-
Kalau kamu membeli makanan, uang seperti apa yang kamu
gunakan?
-
Menurut pendapatmu, apakah uang kertas sudah ada sejak
zaman dahulu?
-
Apa yang akan terjadi apabila sampai sekarang masih
dilakukan sistem barter?
7.
Setelah melakukan tanya jawab dengan siswa, guru
memberikan LKS yang berisikan tentang gambar proses perkembangan kegiatan
ekonomi yang belum berurutan.
8.
Siswa bersama dengan teman kelompoknya diminta untuk menuliskan
urutan perkembangan kegiatan ekonomi dengan menggunakan kalimat yang mereka
susun sendiri.
9.
Setelah selesai, perwakilan setiap kelompok diminta
untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
10. Saat perwakilan kelompok maju, siswa anggota
kelompok lain diminta untuk mengemukakan pendapatnya.
11. Setelah kegiatan
selesai, guru kembali melakukan tanya jawab dengan siswa. Tanya jawab yang
dilakukan mengenai kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Beberapa contoh
pertanyaan:
-
Apakah tubuhmu membutuhkan makanan?
-
Menurutmu apakah kamu membutuhkan pakaian?
-
Dimana kamu menulis catatanmu? Apa yang kamu gunakan
untuk menulis?
-
Menurutmu apakah mobil dan motor termasuk barang mewah?
Apalagi yang termasuk barang-barang mewah?
12. Guru memberikan
sedikit penjelasan mengenai kebutuhan primer, sekunder, dan tersier saat
tanya jawab berlangsung.
13. Setelah tanya
jawab selesai, setiap kelompok diberikan amplop yang didalamnya berisikan
kartu kebutuhan hidup (kebutuhan primer, sekunder, dan tersier).
14. Guru menjelaskan
peraturan permainan “Stick Me”
Peraturannya:
-
Guru membacakan soal yang menjadi clue.
-
Siswa harus menempelkan kartu kebutuhan hidup yang
telah disediakan di dalam amplop ke tabel yang tertempel di papan tulis
apabila ia telah mengetahui jawabannya.
-
Kelompok yang telah mengetahui jawabannya harus
mengacungkan tangan terlebih dahulu.
-
Kelompok yang dapat menjawab dengan benar akan
mendapatkan poin.
-
Kelompok yang mendapatkan poin terbanyak menjadi
pemenangnya.
15. Siswa melakukan
permainan “Stick Me”.
16. Saat permainan
selesai, guru memberikan award pada kelompok yang telah memenangkan
permainan.
17. Siswa dibantu
guru untuk menyimpulkan permainan yang
telah dilakukan.
18. Siswa secara
individual menuliskan kesimpulan permainan
yang telah mereka lakukan di buku tulis mereka, kemudian dikumpulkan
pada guru.
|
Kegiatan
Akhir (10 menit)
Kegiatan
Akhir
|
|
1. Siswa bersama guru mereview kembali materi yang
sudah dipelajari.
2. Siswa dibimbing guru merangkum materi yang sudah
dipelajari.
3. Siswa diberi
tindak lanjut berupa PR untuk dikerjakan dirumah.
|
F.
Alat
dan Bahan
·
Buku Sumber :
Tantya
Hisnu, P dan Winardi, Ilmu Pengetahuan Sosial 4,
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2008
·
Alat dan Bahan :
- Gambar perkembangan
kegiatan ekonomi
- Karton yang
berisikan tabel jenis kebutuhan hidup manusia.
- Kartu jenis
kebutuhan hidup manusia.
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Silabus
2.
Buku Siswa :
Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam
3.
LKS 1 : Perkembangan
Kegiatan Ekonomi
4.
LKS 2 : Kebutuhan
Hidup Manusia Berdasarkan Jenisnya
5.
LKS 3 : Pengaruh
Kondisi Alam Terhadap Kegiatan Ekonomi
H. Penilaian
1.
Penilaian Kognitif
Jawablah
soal-soal dibawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan bagaimana perkembangan kegiatan ekonomi mulai
dari barter hingga sekarang!
2.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan kebutuhan primer,
kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier!
3.
Tuliskan contoh barang-barang kebutuhan sekunder!
4.
Jelaskan pengaruh kondisi alam terhadap kegiatan ekonomi!
5.
Tuliskan pekerjaan orang-orang yang hidup di dataran
tinggi!
2.
Penilaian Afektif
|
Petunjuk :
Untuk setiap sikap siswa berikut ini, beri penilaian atas
sikap siswa menggunakan skala berikut ini :
A : Sangat
baik
B : Memuaskan
C : Menunjukan
kemajuan
D : Memerlukan
perbaikan
FORMAT PENGAMATAN AFEKTIF SISWA
No
|
Instrumen yang Dinilai
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
2.
|
Peduli
|
|
|
|
|
3.
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
4.
|
Mau
mendengarkan pendapat teman
|
|
|
|
|
5.
|
Bertanya
|
|
|
|
|
6.
|
Menjadi pendengar yang baik
|
|
|
|
|
7.
|
Berkomunikasi
dengan baik pada teman
|
|
|
|
|
Jakarta, ................ 2011
Guru Kelas
_____________________
3.
Penilaian Psikomotor
|
Petunjuk:
Penentuan skor psikomotor siswa mengacu pada format penilaian
proses dibawah ini
Format Penilaian
Proses
No
|
Rincian Tugas
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Mendiskusikan
gambar perkembangan kegiatan ekonomi.
|
|
|
|
|
2
|
Menempelkan
kartu jenis kebutuhan hidup dengan benar.
|
|
|
|
|
3
|
Mengikuti
aturan permainan “Stick Me” dengan
baik.
|
|
|
|
|
4
|
Melengkapi mind map tentang pengaruh kondisi alam
terhadap kegiatan ekonomi dengan benar.
|
|
|
|
|
5
|
Maju ke depan kelas untuk membacakan hasil diskusi.
|
|
|
|
|
Keterangan :
4 : Dilakukan
dengan sangat baik
3 : Dilakukan
dengan baik
2 : Kurang
Baik
1 : Buruk
Jakarta,
................2012
Guru Kelas
____________________
0 komentar:
Post a Comment