RSS

RPP IPS Kelas IV Semester II (Jenis Kegiatan Ekonomi)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester          : IV/II
Waktu                        : 2 x 35 menit (1 x Pertemuan)

Standar Kompetensi  : 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan, ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.  

Kompetensi Dasar    : 2.1. Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan potensi sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.

A. Indikator               :
1.      Kognitif     
a.       Produk
-          Menjelaskan kegiatan produksi.
-          Menjelaskan kegiatan distribusi.
-          Menjelaskan kegiatan konsumsi.
b.      Proses
-          Mengelompokkan jenis kegiatan ekonomi.
-          Memberikan contoh kegiatan pengolahan sumber daya alam mulai dari proses produksi, distribusi, dan konsumsi.
 
2.      Psikomotor
-       Melakukan permainan “Puzzleto”.

3.      Afektif
-       Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi: kerja sama, berani, peduli, dan tanggung jawab.
-       Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan komunikasi.


B.  Tujuan Pembelajaran :
1.      Kognitif
a.       Produk
-       Siswa dapat menjelaskan kegiatan produksi dengan benar melalui model pembelajaran Group Investigation.
-       Siswa dapat menjelaskan kegiatan distribusi dengan benar melalui model pembelajaran Group Investigation.
-       Siswa dapat menjelaskan kegiatan konsumsi dengan benar melalui model pembelajaran Group Investigation.
b.      Proses
-       Siswa dapat mengelompokkan jenis kegiatan ekonomi dengan benar melalui  penampilan gambar dan tanya jawab.
-       Siswa dapat memberikan contoh kegiatan pengolahan sumber daya alam mulai dari proses produksi, distribusi, dan konsumsi dengan benar melalui model pembelajaran Group Investigation.

                  2.          Psikomotor
-       Siswa dapar melakukan permainan “Puzzleto” dengan baik.

3.      Afektif
-       Dalam pembelajaran diharapkan siswa mampu menunjukan karakter yang meliputi: kerja sama, berani, peduli dan tanggung jawab.
-       Dalam  pembelajaran diharapkan siswa mampu mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menjadi pendengar yang baik, dan komunikasi.

C.    Materi Pembelajaran      :
§  Jenis kegiatan ekonomi, meliputi:
-       Proses produksi
-       Proses distribusi
-       Proses konsumsi

D.    Metode Pembelajaran     :
§  Group Investigation
§  Tanya Jawab
§  Games

E.     Kegiatan Pembelajaran 
Pendahuluan (5 menit)
Kegiatan Awal
1.      Guru menyiapkan kelas.
2.      Guru menyebutkan tujuan pelajaran.
3.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang makanan atau minuman yang dijual di dekat sekolah.


Kegiatan Inti (60  menit)
Kegiatan Inti
1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Cara pembagian kelompok:
-       Siswa diminta menyebutkan huruf A-D.
-       Setiap siswa telah menyebutkan huruf D, maka siswa selanjutnya mengulang mulai dari huruf A lagi.
-       Berhitung terus dilakukan sampai seluruh siswa menyebutkan angka.
-       Siswa yang menyebutkan  huruf A diminta untuk berkumpul dengan temannya yang juga menyebutkan huruf A. Begitu juga dengan yang menyebutkan huruf B, C, dan D.
2.      Guru memancing siswa melalui  tanya jawab tentang jenis kegiatan ekonomi. Pertanyaan yang diberikan guru misalnya:
-       Biasanya dimana kamu membeli roti?
-       Menurutmu apakah penjual roti itu membuat sendiri roti tersebut?
-       Menurutmu bagaimana cara pembuat roti tersebut mengantarkan rotinya ke penjual?
3.      Setelah melakukan tanya jawab, guru menempelkan gambar kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.
4.      Guru memberikan sedikit penjelasan tentang gambar yang ditempelnya tersebut.
5.      Setelah memberikan penjelasan, siswa diberikan LKS 1 yang berisikan tabel kegiatan ekonomi.
6.      Siswa bersama dengan berkelompok diminta untuk mengelompokkan kegiatan ekonomi yang ada di tabel berdasarkan jenisnya.
7.      Setelah selesai, perwakilan kelompok diminta untuk maju dan membacakan hasil kerja kelompoknya.
8.      Siswa yang telah berani maju mendapatkan award dari guru.
9.      Setiap kelompok mendapatkan LKS 2. Dalam LKS 2 setiap kelompok harus memberikan contoh kegiatan pengolahan sumber daya alam mulai dari proses produksi, distribusi, dan konsumsi.
10.  Siswa diberi waktu 15 menit untuk mengerjakan LKS 2.
11.  Setelah waktu habis, perwakilan kelompok diminta untuk maju dan membacakan hasil diskusinya.
12.  Saat perwakilan kelompok maju, kelompok lain diminta untuk menanggapi.
13.  Siswa yang telah berani maju mendapatkan award dari guru.
14.  Guru mengajak siswa untuk bermain “Puzzleto”.
Peraturannya:
-       Setiap kelompok mendapatkan puzzle.
-       Saat guru berkata “mulai”, setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyusun dan menempelkan puzzle tersebut di kertas yang telah ditempelkan guru di papan tulis.
-       Kelompok yang lebih dahulu selesai dengan susunan puzzle benar akan menjadi pemenangnya.
15.  Siswa melakukan permainan “Puzzleto”.


Kegiatan Akhir (5 menit)
Kegiatan Akhir
1.      Siswa bersama guru mereview kembali materi yang sudah dipelajari.
2.      Siswa dibimbing guru merangkum materi yang sudah dipelajari.
3.      Siswa diberi tindak lanjut berupa PR untuk dikerjakan dirumah.  



F.     Alat dan Bahan
·         Buku Sumber              :
Tantya Hisnu, P dan Winardi, Ilmu Pengetahuan Sosial 4, Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,  2008

·         Alat dan Bahan           :
-       Gambar jenis kegiatan ekonomi
-       Puzzle

G.    Sumber  Pembelajaran
              1.         Silabus
              2.         Buku Siswa   : Jenis Kegiatan Ekonomi dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam
              3.         LKS 1           : Mengelompokkan Jenis Kegiatan Ekonomi
              4.         LKS 2           : Hubungan  Proses Kegiatan Ekonomi dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam

H.    Penilaian
             1.          Penilaian Kognitif

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan benar!
                                 1.         Jelaskan apa yang dimaksud kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi!
                                 2.         Tuliskan 2 contoh kegiatan produksi yang kamu ketahui!
                                 3.         Tuliskan 2 contoh kegiatan distribusi yang kamu ketahui!
                                 4.         Tuliskan 2 contoh kegiatan konsumsi yang kamu ketahui!
                                 5.         Berikanlah contoh proses kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam!


                                                                                    Jakarta,  ................2011
                                                                                    Guru Kelas



                                                                               Arifah Dalili S, S.Pd


RPP selengkapnya dapat di download disini


































  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

sdn suralaya kec. pulomerak said...

diposting jg slide power point jg yaa,,,RPP nya sangat bagus sekali..

Post a Comment