RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
: Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IV/II
Waktu : 2 x 35 menit (1 x Pertemuan)
Standar
Kompetensi : 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan, ekonomi, dan kemajuan
teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar : 2.1. Mengenal aktivitas ekonomi yang
berkaitan dengan potensi sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya.
A.
Indikator
:
1. Kognitif
a. Produk
-
Menjelaskan kegiatan
produksi.
-
Menjelaskan
kegiatan distribusi.
-
Menjelaskan
kegiatan konsumsi.
b. Proses
-
Mengelompokkan jenis
kegiatan ekonomi.
-
Memberikan contoh
kegiatan pengolahan sumber daya alam mulai dari proses produksi, distribusi,
dan konsumsi.
2. Psikomotor
- Melakukan permainan “Puzzleto”.
3. Afektif
- Mengembangkan
perilaku berkarakter, meliputi: kerja
sama, berani, peduli, dan tanggung jawab.
- Mengembangkan
keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menyampaikan
pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan komunikasi.
B.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Kognitif
a. Produk
- Siswa dapat menjelaskan kegiatan produksi dengan benar
melalui model pembelajaran Group
Investigation.
- Siswa dapat menjelaskan kegiatan distribusi dengan benar
melalui model pembelajaran Group
Investigation.
- Siswa dapat menjelaskan kegiatan konsumsi dengan benar
melalui model pembelajaran Group
Investigation.
b. Proses
- Siswa dapat mengelompokkan jenis kegiatan ekonomi dengan
benar melalui penampilan gambar dan
tanya jawab.
- Siswa dapat memberikan contoh kegiatan pengolahan sumber
daya alam mulai dari proses produksi, distribusi, dan konsumsi dengan benar melalui
model pembelajaran Group Investigation.
2.
Psikomotor
- Siswa dapar melakukan permainan “Puzzleto” dengan baik.
3. Afektif
- Dalam
pembelajaran diharapkan siswa mampu menunjukan karakter yang meliputi: kerja sama,
berani, peduli dan tanggung
jawab.
- Dalam pembelajaran diharapkan siswa mampu
mengembangkan keterampilan sosial, meliputi: bertanya, menjadi pendengar yang
baik, dan komunikasi.
C.
Materi
Pembelajaran :
§ Jenis kegiatan ekonomi, meliputi:
- Proses produksi
- Proses distribusi
- Proses konsumsi
D.
Metode Pembelajaran :
§ Group
Investigation
§ Tanya Jawab
§ Games
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
(5 menit)
Kegiatan
Awal
|
|
1. Guru
menyiapkan kelas.
2. Guru menyebutkan tujuan pelajaran.
3. Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang makanan
atau minuman yang dijual di dekat sekolah.
|
Kegiatan Inti (60 menit)
Kegiatan
Inti
|
|
1.
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok.
Cara pembagian
kelompok:
-
Siswa
diminta menyebutkan huruf A-D.
-
Setiap siswa
telah menyebutkan huruf D, maka siswa selanjutnya mengulang mulai dari huruf
A lagi.
-
Berhitung
terus dilakukan sampai seluruh siswa menyebutkan angka.
-
Siswa yang
menyebutkan huruf A diminta untuk
berkumpul dengan temannya yang juga menyebutkan huruf A. Begitu juga dengan
yang menyebutkan huruf B, C, dan D.
2.
Guru memancing
siswa melalui tanya jawab tentang
jenis kegiatan ekonomi. Pertanyaan yang diberikan guru misalnya:
-
Biasanya
dimana kamu membeli roti?
-
Menurutmu
apakah penjual roti itu membuat sendiri roti tersebut?
-
Menurutmu
bagaimana cara pembuat roti tersebut mengantarkan rotinya ke penjual?
3.
Setelah
melakukan tanya jawab, guru menempelkan gambar kegiatan produksi, distribusi,
dan konsumsi.
4.
Guru
memberikan sedikit penjelasan tentang gambar yang ditempelnya tersebut.
5.
Setelah
memberikan penjelasan, siswa diberikan LKS 1 yang berisikan tabel kegiatan
ekonomi.
6.
Siswa bersama
dengan berkelompok diminta untuk mengelompokkan kegiatan ekonomi yang ada di
tabel berdasarkan jenisnya.
7.
Setelah
selesai, perwakilan kelompok diminta untuk maju dan membacakan hasil kerja
kelompoknya.
8.
Siswa yang
telah berani maju mendapatkan award
dari guru.
9.
Setiap
kelompok mendapatkan LKS 2. Dalam LKS 2 setiap kelompok harus memberikan
contoh kegiatan pengolahan sumber daya alam mulai dari proses produksi,
distribusi, dan konsumsi.
10. Siswa diberi waktu 15 menit untuk mengerjakan LKS 2.
11. Setelah waktu habis, perwakilan kelompok diminta untuk
maju dan membacakan hasil diskusinya.
12. Saat perwakilan kelompok maju, kelompok lain diminta
untuk menanggapi.
13. Siswa yang telah berani maju mendapatkan award dari guru.
14. Guru mengajak siswa untuk bermain “Puzzleto”.
Peraturannya:
-
Setiap
kelompok mendapatkan puzzle.
-
Saat guru
berkata “mulai”, setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyusun dan
menempelkan puzzle tersebut di
kertas yang telah ditempelkan guru di papan tulis.
-
Kelompok
yang lebih dahulu selesai dengan susunan puzzle
benar akan menjadi pemenangnya.
15. Siswa melakukan permainan “Puzzleto”.
|
Kegiatan
Akhir (5
menit)
Kegiatan
Akhir
|
|
1. Siswa
bersama guru mereview kembali materi yang sudah dipelajari.
2. Siswa
dibimbing guru merangkum materi yang sudah dipelajari.
3. Siswa diberi tindak lanjut berupa PR untuk dikerjakan
dirumah.
|
F.
Alat
dan Bahan
·
Buku Sumber :
Tantya Hisnu, P dan Winardi, Ilmu Pengetahuan
Sosial 4, Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional, 2008
·
Alat dan Bahan :
- Gambar jenis kegiatan ekonomi
- Puzzle
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Silabus
2.
Buku Siswa : Jenis Kegiatan Ekonomi dalam Pemanfaatan
Sumber Daya Alam
3.
LKS 1 : Mengelompokkan Jenis Kegiatan
Ekonomi
4.
LKS 2 : Hubungan Proses Kegiatan Ekonomi dalam Pemanfaatan
Sumber Daya Alam
H.
Penilaian
1.
Penilaian Kognitif
Jawablah
soal-soal dibawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan apa yang
dimaksud kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi!
2.
Tuliskan 2 contoh
kegiatan produksi yang kamu ketahui!
3.
Tuliskan 2 contoh
kegiatan distribusi yang kamu ketahui!
4.
Tuliskan 2 contoh
kegiatan konsumsi yang kamu ketahui!
5.
Berikanlah contoh
proses kegiatan ekonomi dalam pemanfaatan sumber daya alam!
Jakarta, ................2011
Jakarta, ................2011
Guru Kelas
Arifah Dalili S, S.Pd
RPP selengkapnya dapat di download disini
1 komentar:
diposting jg slide power point jg yaa,,,RPP nya sangat bagus sekali..
Post a Comment